CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 17-11-2022 20:59:24 besi cor, peleburan logam. rubber fender. bollard kapal cor

Apa Itu Manhole Cover Cast Iron?
Manhole Cover Cast Iron adalah komponen drainase yang terbuat dari besi cor dengan fungsi utama sebagai penutup lubang (manhole) pada saluran drainase. Manhole cover juga biasa disebut grill manhole, tutup manhole dan/atau tutup bak kontrol. Satu unit grill manhole terdiri dari frame dan cover. Desain tutup manhole ada yang menggunakan engsel dan ada yang tanpa engsel. Engsel berfungsi untuk menyatukan bagian frame dan cover sehingga tidak mudah terpisah.

Dalam dunia Drainase, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Manhole Cover. Ya, Manhole Cover adalah sebutan untuk sebuah tutup baja yang berfungsi untuk menutup lubang saluran got. Manhole Cover yang berupa lempengan besi ini merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem drainase.

Mengapa disebut dengan Manhole Cover? Diambil dari kata bahasa Inggris Hole yang artinya lubang, dan Man yang artinya seseorang (laki-laki), jadi tutup lempeng besi ini digunakan untuk menutup lubang yang biasanya mampu dimasuki tubuh seorang laki-laki dewasa. Lubang yang dimaksud adalah saluran air (drainase) yang ada di jalan raya.

Keberadaan Manhole Cover ini sangat membantu berjalannya aktivitas manusia. Bagaimana tidak? Manhole Cover menjadi penyelamat orang-orang yang hendak melewati jalan yang terdapat lubang saluran air sebesar orang laki-laki dewasa. Bayangkan saja, jika Anda sering melewati jalan yang terdapat lubang tersebut? Bisa jadi ban mobil, atau kendaraan Anda bisa terperosok ke dalam lubang saluran air yang tidak tertutup itu. Potensi kecelakaan di jalan akan makin besar.

Di sisi lain, jika lubang saluran air sebesar orang dewasa tersebut tidak tertutup, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Mengingat saluran air yang ditutup itu berisi air kotor yang tercampur dengan cairan lainnya. Jika tidak tertutup oleh Manhole Cover, maka bersiaplah udara di sekitar akan berbau tak sedap. Tentu, hal tersebut sangat menganggu orang-orang yang melintasi jalan di dekatnya.

Mengapa Manhole Cover sangat dibutuhkan ?

Menambah Keindahan Kota

Biasanya, lubang saluran drainase sebesar orang dewasa itu terdapat di jalan-jalan umum yang sering dilewati masyarakat kota. Dengan adanya Manhole Cover yang diletakkan di tempat yang semestinya, serta didukung dengan model dan motif yang unik, pasti akan menambah keindahan tata kota dan tidak membuat pemandangan menjadi kumuh.

Bisa kita lihat uniknya Manhole Cover yang ada di negara Jepang. Masyarakat di sana sangat memperhatikan keindahan kota. Sehingga tak heran terlihat bermacam-macam model Manhole Cover yang terpasang di pinggir jalan raya, setapak atau trotoar. Hal ini bisa menjadi contoh bagi negara lainnya terutama Indonesia.

Menutup Lubang Saluran Di Mall, Hotel, dan Apartemen

Keberadaan saluran air tidak hanya ada di jalan-jalan, seringkali Manhole Cover dimanfaatkan pada mall-mall besar, hotel, dan apartemen yang memiliki saluran air (drainase) dengan lubang yang besar. Tak kalah dari negara lain, produk Manhole Cover hasil coran dalam negeri, Indonesia sering digunakan dalam pembangunan proyek gedung-gedung besar tersebut. Produksi Manhole Cover di Indonesia sangat berkualitas.

Material dan jenis Manhole Cover

Jenis Manhole Cover Cast Iron (Grill Manhole Besi Cor)
Berdasarkan bentuknya:

Grill manhole bulat (frame bulat dengan tutup bulat dan frame kotak dengan tutup bulat)
Grill manhole kotak
Berdasarkan kekuatan atau beban yang mampu ditahan:

medium duty untuk beban ringan
heavy duty untuk beban berat
Berdasarkan materialnya:

cast iron/ besi cor biasa (FC)
ductile iron/ besi cor grade atas (FCD)
Tanpak manhole ( Cover bulat Frame kotak all Size Standart ready ) motif medium duty


Manhole Cover dibuat dengan proses pengecoran logam. Berbahan dasar besi cor, beton, atau juga kombinasi dari keduanya, membuat material Manhole Cover menjadi sangat berharga. Tak jarang, banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab mencuri dan menjual material Manhole Cover ini, saat harga jual logam naik. Walaupun beratnya mencapai puluhan bahkan ratusan kilogram, dan berdiameter 400 – 1000 mm, tak membuat orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu menyerah begitu saja. Hanya demi uang, mereka rela dan berani mengambil fasilitas publik ini.

Alangkah baiknya, kita semua sebagai warga negara Indonesia senantiasa menjaga dan merawat fasilitas publik yang sudah disediakan ini agar tetap bersih, awet dan terjaga keindahannya.

 

Pusat Elastomer Bearing Pad Terlengkap Melayani Pengiriman Ke Kampung Melayu Bengkulu Hub 0821 3306 0461

Posting by Admin

Pusat Elastomer Bearing Pad Terlengkap Melayani Pengiriman Ke Kampung Melayu Bengkulu Hub 0821 3306 0461 CV. GRATIA RUBBER GROUP Kami Supplier rubber, parking system, security system dan safety equipment telah mendistribusikan ke seluruh Indonesia. Beberapa produk yang kami produksi di antaranya:Rubber Fender MRubber Fender VRubber fender ConeRubber fender CellRubber fender CylinderRubber Bumper DPneumatic FenderElastomer



56 Kali